Tuesday 28 January 2014

BABO Dari Geke Gole Hingga Silver Ticket Audisi Indonesian Idol 2014



Babo saat tampil depan juri utama indonesian idol 2014


Sukses dengan Album pertamanya dengan Lagu andalan "Geke Gole", Yohanes Babo sekejab menjadi primadona pencinta music daerah, dia di elu2kan selain sebagai penyani muda juga kerena karakter suaranya yang merdu. "Babo" nama singkat ini akrap dalam ingatan masyarakat sikka.


Yohanes Babo... nama yang tidak asing bagi sebagian besar masyarakat NTT, khususnya Maumere,flores. Yohanes Babo yang terkenal dengan panggilan akrab ''Babo'' adalah Pemuda desa yang memiliki Talenta bernyanyi cukup menjanjikan.


Lahir dan Besar di kampung menjadi salah satu latar belakang yang mana membentuk karakter kepribadiannya yang unggul khususnya bernyanyi. mohon maaf saya belum bisa menceritakan latar belakang saudara Yohanes Babo secara terperinci berhubung minimnya data.


Seiring perjalanan waktu, Yohanes bukan hanya pandai bernyanyi tetapi juga gemar berladang, sebelum dia masuk ke kancah musik daerah Maumere, dia dikenal sebagai petani ladang di kampungnya. waktunya di habiskan untuk berladang, biasanya disaat musim menanam dia (Yohanes Babo) tidak absen masuk kebun, menikmati panggung musik di kebun kesayangannya....hehehe


Dengan kemampuan yang dimilikinya, Yohanes Babo mendapatkan kesempatan menyanyikan Lagu Pesta Daerah Sikka, saya kurang tahu cerita sebelumnya bagaimana cerita awalnya ketika ditawari atau menawarkan diri menyanyikan salah satu Lagu Pesta bernuansa daerah yang sampai saat ini masi menjadi langganan setiap ada Pesta.


lagu yang saya maksudkan diatas berjudul "geke golo" atau duduk melingkar, judul lagu ini sebetulnya sangat umum di sikka,flores,NTT. "geke gole" mengingatkan masyarakat sikka khususnya pemuda sikka terkait budaya minum moke yang menjadi ciri khas masyarakat sikka. "Geke Gole" Lagu yang kental dengan kehidupan tibo lamen da'a ata osin gete (sebutan untuk pemuda dan para orang tua). "Geke Gole" duduk melingkar menikmati moke (minuman khas sikka). "geke gole" mempersatukan, membahana diseluruh pelosok bumi maumere. yah itulah judul lagu pesta yang menandakan awal kiprah saudara YOHANES BABO di kancah musik Daerah.


Sukses dengan Album pertamanya dengan Lagu andalan "Geke Gole", Yohanes Babo sekejab menjadi primadona pencinta music daerah, dia di elu2kan selain sebagai penyani muda juga kerena karakter suaranya yang merdu. "Babo" nama singkat ini akrap dalam ingatan masyarakat sikka.


Selera masyarakat atau kecintaan terhadap music daerah sangat tinggi, baik masyarakat yang tinggal dikota maupun pedesaan, lagu pesta local menjadi pilihan utama untuk menghibur para tamu undangan. tidak heran setiap kali menghadiri pesta di maumere tidak putar music bernuansa daerah tenda pesta akan sekejab sepi penari hehehe. lagi-lagi lagu "Geke Gole" sukses menjadi yang terlaris disetiap pesta. seperti mendapat kebanjiran rejeki dari Tuhan, saudara Babo juga bukan hanya menyanyi di studio, banyak pecinta musik lokal bahkan berani membayarnya menyani diacara pestanya baik itu pesta pernikahan,pesta komuni suci pertama dll.

Babo ft Rensi_Soka Toja


menanggapi minat masyarakat yang begitu tinggi, satu persatu album lagu pesta bernuansa lokal berhasil diluncurkan, Yohanes Babo menjadi figur andalan untuk merebut hati konsumen masik lokal yang merindukan suaranya yang khas.situasi seperti ini terus berlanjud hingga kini album baru dari saudara Yohanes Babo selalu ditunggu-tunggu.saya belum bisa memastikan kapan pastinya saudara babo meluncurkan album pertamanya.yang jelas sejak saat itu sampai sekarang memasuki tahun 2014, album lagu daerah dari saudara yohanes ditunggu pencinta musik lokal.

Silik na'o salah satu lagu andalannya


Ikut Audisi Indonesian Idol 2014 di Jakarta


sebagai Pemuda dengan Umur yang masi muda Yohanes Babo (26 tahun) memiliki mimpi besar dan naluri yang tinggi untuk menjadi penyanyi besar, bukan hanya didaerah tetapi juga mampu bersaing di tingkat nasional.


sah sah saja setiap orang punya mimpi, punya cita-cita, punya niat untuk menjadi lebih baik.


berbekal semangat dan dukungan dari kerabat dekatnya, saudara Yohanes Babo tidak ingin melewatkan kesempatan emasnya berlalu begitu saja. mengetahUi akan ada audisi indonesian idol di jakarta, Yohanes Babo meninggalkan kota maumere menuju jakarta, dia membuktikan konsistensinya, mencoba peruntungan di kota yang kerap melahirkan penyanyi besar JAKARTA, sementara Maumere kini cuma tergambar dalam hati, dia berharap membawa kabar baik ketika kelak kembali ke kota maumere manise.


Raih Silver Ticket Audisi Indonesian Idol 2014


membawakan lagu mama papa larang dari Judika, Babo berhasil membuat Mike Mohede(mantan juara Indonesian Idol) tidak segan-segan memberikan Silver Ticket untuk berjumpa juri utama Indonesian Idol 2014


Gagal Raih Golden Ticket Indonesian Idol 2014


Pria berusia 26 tahun itu 'ditemukan' oleh Mike Mohede saat tampil di Dreambox yang digelar di sebuah mal Kuningan, Jakarta.


Yohanes saat tampil di Dreambox meyakinkan Mike untuk memilihnya ketika menyanyikan lagu "Papa Mama Larang" milik Judika. Suaranya memang merdu, dan tak tampak sekali ia seorang petani.


Namun sayang, Yohanes tidak bisa menaklukan juri Ahmad Dhani, Anang, dan Tantri saat membawakan lagu "Pergi untuk Kembali" milik Ello.


Juri bukannya menilai suara Yohanes tak bagus. Namun, karakter suara Yohanes dianggap sudah umum.


Banjir Pujian Dari Juri Utama Audisi Indonesian Idol 2014


"Kamu punya kemampuan seperti ini menarik loh, gak nyangka aku," puji Anang.


Tantri menambahkan, "Dan yang pasti otodidak, alam yang buat."


Ahmad Dhani lalu mengakhiri penilaian, "Sudah ke-56 kali aku katakan, suara kamu bagus tapi banyak yang seperti kamu. Dari medan, dari Jakarta, dari Yogyakarta."


Komentar Warga di GRUP FB-FORUM PEDULI RAKYAT SIKKA


Sherly Irawati
Ya...gak perlu merendahkan diri & menutupi profesi yg sebenarnya adalah nilai plus, siapa tau dg berkata jujur juri mempunyai pertimbangan lebih untuk meloloskan krn di Idol bertujuan mencetak & mengorbitkan penyanyi yg berbakat, peserta digembleng benar2 menjadi penyanyi dgn teknik vokal yg baik & benar apalagi memang profesi & bakatnya sudah mengarah ke situ.


Neno MarfaEd
"Menonton audisi Indonesian Idol malam ini rasanya sedikit berdebar. Bagaimana tidak, melihat Yohanes Babo mengikuti audisi Inbox di Jakarta dan diloloskan oleh Juri inbox...Mohede (Salah satu juara Indonesian Idol) dengan memberikan tiket silver untuk bertemu dengan para juri utama yang akan memberikan tiket gold ke Jakarta. Ketika menunjukkan kepiawaiannya bernyanyi didepan para juri yang terdiri dari Ahmad Dani, Tantri Kotak dan Anang Hermansyah, Babo menyatakan dirinya seorang petani di Flores Maumere NTT. Padahal bukankah Babo seorang penyanyi lagu2 Maumere yang terkenal itu dengan salah satu hitsnya “Silik Silik Nao”, wowww..tapi mungkin hanya ingin merendah. Sayang sekali para juri mengatakan suara Babo sangat umum alias tidak punya kekhasan setelah menyanyikan salah satu lagunya Elo. Akhirnya para juri mengatakan “No” untuk Babo dan tiket gold gagal diraih. Kemudian Babo menyatakan gagal audisi dan akan pulang kampung.


Sebagai orang NTT tentu saja saya kecewa dengan penilaian para juri, namun mungkin mereka punya standar penilaian sendiri. Namun saya ingin mengucapkan provisiat untuk Babo yang sudah menyempatkan diri untuk mengikuti audisi, maju terus pantang mundur. Anda sudah terkenal didaerah dengan lagu2 Maumere. Kesempatan masih akan ada terus di tahun2 mendatang baik itu ajang Nasional maupun Internasional. Tetaplah menghasilkan karya/lagu2 indah di Maumere. Salam sukses."


Higinus Willbrot Krado
KEsalahan babo terletak dari kejujuran,,beliau tidak jujur sama juri,,


Ardiyanto Max
"Banayak pertimbangan, mereka yang menjadi juri pun punya kapasitas dan kemampuan alam bidang musik, kalau kita simak pernyataan mereka ke beberapa peserta audisi yang juga memiliki kemampuan untuk bernyanyi dengan baik dengan suara yang baik, mereka bukan hanya mencari orang yang bisa menyanyi, tetapi mereka mencari yang berkarakter dan lain-lainnya, kita mendukung babo dengan kemampuan menyanyinya, tetapi juri punya ukuran dan takaran penilaian tersendiri.... mereka dipilih menjadi juri karena kemampuan mereka, selain dari aspek materi vocal, nilai jual di insdustri musik dan karakter khas dan lain-lain yang mereka miliki.... Babo pnya kemampuan tetapi mungin bukan di Idol, mash banyak cara dan tempat... Sammi Simorangkir (Sammi Ex Kerispatih) dan lain-lain adalah contoh mereka yang sukses memnjadi penyanyi besar namun gagal di Idol....


namun adapula yang menyalakan juri hehehe tulis salah satu akun fb atas nama semangat maumere


Juri tidak obyektif.. Juri sangat primordialis.... masyarakat tahu qualitas juri Anang-ahmad dhani cs seperti apa cuma menang Pencitraan.


atau mungkin si anang takut istrinya Ashanti kecantol wajah manisnya saudara Yohanes Babo....


dia takut di tinggal istrinya yang ke dua kalinya ke tangan pemuda timor indonesia... hehehe maaf bukannya mengejek tapii ini bentuk kecewa saya terkait kredibilitas seorang juri yang katanya profesional.

=========================================================================


hehehehe tentu sedikit kontroversi namun marilah kita berpikir jernih, kita percayakan sisi profesionalitasnya para juri, mereka memiliki penilaian khusus dan itu belum nampak pada diri saudara Yohanes Babo.


saya kira kita paptut memberikan apresiasi terhadap perjuangan saudara Babo yang berani mencoba bersaing di kompetensi tingkat nasional. melihat kemampuannya bernyanyi, terlepas dari semua komentar suka atau tidak suka baik dari para juri maupun masyarakat.. marilah kita mendukung saudara Babo untuk lebih giat berlatih, menemukan karakternya yang sesungguhnya untuk level indonesian idol tahun 2015


Semoga ini mejadi semangat baru bagi kaum muda se NTT untuk mengembangkan minat dan bakatnya, menunjukan identitasnya dalam persaingan secara kompetitif, tanpa perluh saling menjatuhkan satu sama lain, kiranya semangat kita membuktikan bahwa kita bukan orang yang cuma mengeluh ketika gagal tetapi berani berterima kasih terhadap kegagalan untuk memperbaikinya demi hari esok lebih baik


Sekian dan terima kasih atas perhatiannya
maju maumere, ama pu benjer


makassar, 29 Januari 2013
Penulis-editor


GABRIEL KRADO


follow twiter Gabriel krado @surgaflores
Follow twiter Yohanes Babo @babo_jones
fan page : gabriel juventus krado

Comments
0 Comments

0 komentar:

"Lemer Watu Ita Mogat,Blawak Papan Hama-hama, Epan Gawan Mogam sawen, Ama Pu Benjer Maumere-Gabriel Krado".